Lakukan Ini Ketika Tetanggamu Berstatus ODP atau PDP Corona Dengan Isolasi Mandiri


Mak, saat ini wabah corona sudah menyebar dimana-mana diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri, setiap harinya kasus pasien yang terinfeksi corona semakin bertambah.

Di Indonesia, tidak semua yang bergejala langsung dirawat, Mak. Menurut penjelasan dokter, yang dirawat mereka yang benar-benar terinfeksi atau memiliki gejala serius, karena itu ada istilah Orang Dalam Pengawasan (ODP), nah mereka ini biasanya diminta untuk karantina mandiri alias isolasi mandiri dirumah sendiri.

Apa yang harus kita lakukan jika tetangga kita mempunya status ODP?
Mungkin tips ini dapat membantu ya Mak
1. Bantu pemerintah ataupun tenaga medis untuk mengawasi tetangga kita, dengan mengingatkan mereka untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu.
2. Bantu mereka yang sedang dikarantina mandiri dengan menyediakan kebutuhan mereka seperti makan, buah-buahan ataupun vitamin, agar mereka tidak merasa cemas karena kekurangan bahan makanan karena dilarang keluar rumah. Hal ini dapat dilakukan dengan bergotong royong antar tetangga, bukankah nilai-nilai seperti ini sudah ada sejak zaman dahulu di Indonesia^^.
3. Beri dukungan moril kepada mereka melalui sms, wa ataupun telpon. Agar mereka tidak merasa sendiri dan tingkat stress akibat statusnyapun bisa berkurang.
4. Setiap saat pantau kondisi mereka, jangan sampai ia sakit parah dirumah tanpa ada yang peduli.

Mak, mari kita bantu mereka dan jangan malah menghakami, menghujat bahkan membuli atau bahkan tidak peduli. Mari kita bergandengan tangan saling membantu agar wabah corona ini segera berakhir. Saling menyalahkan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Penanganan wabah ini diperlukan kesadaran diri dan lingkungan kita.

Semangat Indonesia, kita bisa kalahkan corona bersama-sama.

Post a Comment

0 Comments